Mengenai search engine

Search engine adalah bahasa inggris dari mesin pencari. Tugas utama sebuah mesin pencari adalah untuk mencari website yang diinginkan melalui sebuah filter kata yang dimasukan. Mesin pencari akan memberikan hasil berupa list daftar website yang dibutuhkan oleh si pencari. Contoh dari mesin pencari adalah Google. Dalam artikel ini akan menggunakan Google sebagai contoh.

Arti dari SEO

SEO adalah singkatan dari bahasa inggris Search Engine Optimization atau Optimasi Mesin Pencari. Optimasi mesin pencari adalah sebuah teknik agar website yang dimiliki dapat masuk dan terdaftar ke dalam Google bahkan masuk dalam halaman pertama dari Google. Teknik SEO beradaptasi sesuai dengan perkembangan algoritma Google agar memenuhi standart dan kriteria dari Google.

Perlakukan mesin pencari seperti layaknya manusia

Pada tahun 2013, Google meluncurkan algoritma Hummingbird. Algoritma ini mampu membuat robot mesin pencari seperti layaknya manusia biasa yang membaca website. Dengan pengertian seperti layaknya manusia biasa mengakibatkan standart untuk masuk dalam halaman Google meningkat. Website yang masuk dalam halaman Google harus memiliki konten berkualitas layaknya Manusia sedang membaca website tersebut yaitu harus jelas, memiliki banyak teks, mudah dipahami, bahasa yang bisa dimengerti dll.

Pentingnya menerapkan SEO

Search Engine adalah internet. Internet adalah Search Engine. Search Engine membantu pengguna untuk menemukan yang dibutuhkan. Tanpa kehadiran search engine, internet menjadi buta dan tidak berguna. Apa gunanya memiliki website yang tidak masuk ke dalam halaman Google? Jika tidak masuk halaman Google maka tidak ada orang yang dapat menemukan website tersebut. 

Implementasi SEO sejak dini adalah sebuah investasi jangka panjang. Untuk masuk dalah halaman pencarian Google membutuhkan waktu dalam proses yang panjang. Salah satu kriteria dari Google adalah umur dari halaman-halaman website.

Penerapan seo

Untuk mengaplikasikan SEO yang baik dalam sebuah website membutuhkan teknik yang baik dan mengikuti aturan dari Google. Hasil menerapkan SEO tidak instant. Membutuhkan waktu beberapa minggu agar hasil optimasi mulai terlihat. Keyword untuk mencari website harus selalu dipantau sebagai tolak ukur dari optimasi. 

Agar posisi website selalu berada dalam halaman pencarian, Website harus memiliki update sesekali dalam kurun waktu tertentu. Perhatikan juga website pesaing lain yang masuk dalam halaman pencarian Google karena mereka dapat mengungguli posisi website kita.

Cara praktis implementasi SEO

Terdapat banyak perusahaan dan jasa yang menawarkan optimasi Google, namun tidak semua penyedia jasa menawarkan pake one stop solution dari pembuatan website, pemasangan website hingga optimasi pencari Google. 

FilosofiWeb adalah salah satu penyedia jasa optimasi Google dan pembuatan website. Client tidak perlu khawatir lagi dengan website dan mesin pencari.