Kehadiran teknologi komputer dan internet adalah sebuah era baru yang memberikan efek sangat besar dalam kehidupan sehari-hari. Karakteristik individu jaman sekarang lebih menyukai hal yang bersifat mudah dan instant akibat dari kehadiran teknologi yang memanjakan pengguna. Berbeda jika dibandingkan dengan karakteristik individu tahun 60-an hingga 90-an dimana teknologi belum menjadi bagian hidup sehari-hari. Berikut adalah manfaat menerapkan sistem IT dalam bisnis yang dapat meningkatkan pendapatan.

1. Mempercepat aktivitas dengan otomatisasi

Aktivitas dengan bantuan sistem IT menjadi lebih cepat dibandingkan dengan aktivitas yang dilakukan tanpa bantuan sistem. Seperti contoh aktivitas jual beli. Tanpa bantuan sistem biasanya penjualan diarsip dalam nota bon. Laporan penjualan harisan dilakukan pada malam hari dengan mengelola bon-bon tersebut, yang tentunya menguras waktu cukup banyak. Dengan bantuan sistem, maka aktivitas jual beli bisa langsung dilakukan dalam sistem. Ketika ada transaksi, sistem akan langsung melakukan proses secara otomatis terhadap data sehingga laporan harian dapat dilihat pada saat itu juga. 

Keuntungan untuk pemilik bisnis adalah pergerakan perusahaan menjadi lebih cepat, dinamis dan efisien. Pemilik bisnis dapat mengembangkan bisnis lebih luas dari hasil pergerakan bisnis yang cepat. Waktu luang menjadi lebih banyak karena semua dilakukan dengan cepat. Peluang pendapatan meningkat, kepercayaan konsumen meningkat.

2. Meminimalisir faktor human error

Faktor human error selalu ada dalam setiap aktivitas. Manusia bisa merasakan jenuh, kelelahan, tidak fokus dll yang menyebabkan kesalahan bisa terjadi. Kehadiran sistem dapat mendeteksi adanya kesalahan human error melalui beberapa tahapan validasi. Tahapan validasi mengontrol data sebelum diproses, jika validasi tidak sesuai makan akan memberikan notifikasi.

Peran sistem lainnya adalah mampu mendeteksi flow perusahaan yang terputus ditengah proses. Contoh tanpa menggunakan sistem, ada pesanan yang diabaikan oleh pegawai karena faktor lupa sehingga pesanan tidak masuk dalam tahap proses. Dengan bantuan sistem hal demikian dapat dihindari karena sistem akan memberikan notifikasi jika ada pesanan yang belum diproses. 

3. Mengurangi kebutuhan kertas (paperless)

Mengurangi kebutuhan kertas bukan berarti meniadakan penggunaan kertas. Kertas tetap diperlukan dalam aktivitas tertentu. Namun dengan bantuan teknologi IT, arsip data dapat dilakukan dalam bentuk digital tanpa memerlukan kertas. Mengurangi kebutuhan kertas dapat menghemat pengeluaran perusahaan terhadap biaya kertas. 

4. Data terarsip dengan baik

Data yang tersimpan dalam sistem tidak mungkin hilang atau tersisip seperti arsip kertas. Arsip data tersimpan dalam kategori-kategori virtual sehingga pencarian mudah dilakukan. Seperti mencari data berdasarkan tanggal, mencari data berdasarkan pencarian kata-kata tertentu, sorting  dan menampilkan data berdasarkan kondisi tertentu. Proses untuk menampilkan data-data yang diinginkan hanya memerlukan waktu yang sangat sedikit yakni kurang dari 1 detik. Pencarian berdasarkan kondisi dan performa tersebut mustahil dilakukan jika penyimpanan arsip data dilakukan menggunakan kertas.

5. Meningkatkan brand value

Perusahaan yang menerapkan sistem dalam aktivitas nya akan terlihat lebih profesional dan terpercaya. Anda akan lebih percaya diri untuk melakukan sharing pengalaman perusahaan ke pelanggan. Pelanggan tidak akan ragu jika ingin bekerja sama dengan perusahaan. Brand value yang meningkat akan mengalahkan pesaing bisnis membuat calon pelanggan lebih tertarik kepada brand anda. 

Semua kelebihan tersebut akan memberikan dampak positif untuk perusahaan. Peningkatan anda akan bertambah karena efisiensi aktivitas. Apakah anda merasakan kegiatan rutinitas anda mulai berat sehingga membutuhkan bantuan Sistem IT? FilosofiWeb telah berpengalaman membuat sistem IT untuk memudahkan bisnis perusahaan.