Seluruh lapisan elemen masyarakat dalam jaman milenial ini memiliki smartphone terutama smartphone dengan OS Android. Aplikasi platform android memiliki peluang pasar yang luas karena mayoritas user menggunakan smartphone Android dibanding dengan iOs. Survey mengatakan 74% pengguna mobile phone di dunia 74% Android, 23% iOs, sisanya adalah OS lain. 

Banyak aktivitas sehari-hari dimudahkan dengan kehadiran smartphone Android. Hanya dengan 1 smartphone telah mampu menggantikan teknologi mutakhir jaman dulu seperti aktivitas menghitung yaitu kalkulator, aktivitas menerjemahkan yaitu alfalink (kamus elektronik), alat menangkap gambar yaitu kamera dan lain-lain. Aplikasi-aplikasi tersebut tersedia secara gratis dan dapat diunduh melalui playstore. Tidak menutup kemungkinan adanya aplikasi yang membantu aktivitas bisnis/perusahaan anda. 

Aplikasi untuk perusahaan bisa digunakan untuk siapa saja seperti customer(pembeli, pelanggan) atau pelaku usaha (karyawan, bos). Berikut adalah manfaat memiliki aplikasi android untuk Perusahaan

1. Mendapat notifikasi secara langsung

Salah satu fitur android adalah dapat menerima notifikasi yang memberi informasi pengguna akan sebuah evet/kejadian. Seperti notifikasi jika ada pesan masuk melalui WhatsApp. 

Bayangkan jika anda seorang bos mendapat notifikasi mengenai aktivitas perusahaan. Secara cepat dan tanggap dapat mengetahui event yang sedang terjadi dalam detik-detik pertama. 

Aplikasi yang digunakan oleh customer akan mendapat notifikasi yang berbeda khusus untuk aktivitas customer. Notifikasi terkait perusahaan tidak akan diterima oleh customer. Fitur dan kelebihan ini akan berdampak positif pada penilaian customer terhadap perusahan dan akan meningkatkan potensi pendapatan perusahaan.

2. Aplikasi selalu tersedia dalam smartphone

Hanya butuh satu sentuhan click langsung dapat membuka aplikasi dan segera melakukan aktivitas yang diinginkan.

Berbeda dengan website yang harus membuka browser dan mengetik alamat website, aplikasi yang terunduh/terdownload akan langsung tersedia dalam smartphone. 

Icon/gambar aplikasi dapat terlihat langsung ketika melihat smartphone akan membuat pengguna merasa lebih praktis untuk melakukan aktivitas dalam binis.

3. Memperoleh kecepatan maksimum

Terkadang aktivitas yang membutuhkan koneksi internet seperti membuka website dapat menjadi kendala jika kecepatan internet sedang buruk. Pengunaan website sangat bergantung pada kecepatan internet untuk menampilkan grafis dari website.

Tanpa membutuhkan data internet tambahan untuk membuka aplikasi sudah dapat melakukan aktivitas dalam aplikasi. Tanpa ketergatungan akan internet yang tinggi akan membuat aktivitas dalam bisnis bergerak lebih cepat. Hal ini dapat terwujud karena aplikasi telah menyimpan kebutuhan tampilan grafis dalam smartphone ketika pertama kali mengunduh/mendownload aplikasi.

4. Menyimpan data secara offline dalam smartphone

Menyimpan data dalam smartphone sehingga aplikasi tidak perlu menunggu untuk mendapatkan data dari server. Sambil melakukan update dari dari server, aktivitas dapat berlanjut dengan menggunakan data yang telah tersimpan sebelumnya

Dengan teknologi dan teknik menyimpan data dalam smartphone dapat membantu melakukan aktivitas berkali-kali lipat lebih cepat. 

teknik menyimpan data secara offline ini aman dilakukan karena hanya aplikasi khusus milik anda yang dapat melihat isi data.

5. Integrasi aplikasi dengan fitur Android

Mau terlihat aplikasi lebih keren? Aplikasi dapat terintegrasi dengan fingerprint dari smartphone untuk memberi syarat akses melakukan aktivitas khusus pemilik smartphone. Dengan integrasi seperti ini, pengguna dari customer akan merasakan teknologi mutakhir yang dihadirkan oleh perusahaan anda.

Penggunaan fitur bluetooth pada Android dapat terintegrasi dengan mesin printer untuk mencetak bon, invoice, menu pemesanan cocok untuk aktivitas bisnis restoran

Fitur android lainnya seperti penggunaan kamera, bluetooth, 

6. Selangkah lebih maju dari pesaing 

Memanfaatkan teknologi sebagai nilai tambah perusahaan tentu jauh lebih baik dari pesaing bisnis. Kelebihan yang dimiliki pesaing akan mendatangkan potensi-potensi milik pesaing yang terlewatkan dan akan beralih ke perusahaan anda yang selangkah lebih maju

Butuh pembuatan aplikasi Android untuk menunjang aktivitas bisnis dalam perusahaan? Silahkan hubungi kami di formlulir kontak kami di bawah ini.